Usaha Kedai Kopi atau Coffee shop

Setelah Anda membaca tentang memulai usaha kedai kopi, sekarang saatnya Anda mengetahui tentang usaha dan bisnis kedai kopi lebih jauh berikut ini:

Content:-

*Bisnis dan Usaha Coffee Shop di Indonesia

*Persiapan Usaha Warung Kopi

*Waralaba Kopi Prospektif dan Menguntungkan Benarkah?

 

*Targeting Konsumen Warung Kopi/Kedai Kopi

Bisnis dan Usaha Coffee Shop di Indonesia

Bila dilihat dari pertumbuhan bisnis coffee shop di berbagai kota-kota besar, maka bisa di simpulkan bahwa usaha ini merupakan salah satu usaha yang cukup di minati oleh masyarakat.  Tetapi demikian, tidak juga semua coffee shop di padati pengunjung.  Semua itu tergantung dari masing-masing strategi yang di gunakan.  Bagaimana segmentasi yang dituju bagaimana proses promosinya dan service dari tiap-tiap kedai kopi berbeda-beda. Tidak semua kedai kopi di Indonesia berkonsentrasi penuh pada kopi.  Ada juga yang menggabungkan antara warnet dan kedai kopi.  Sembari menyelam, minum air mungkin juga tidak ada yang melarang.  Mungkin seperti itu istilahnya. :)  Kalau cuma untuk browsing berjam-jam, pasti lebih mengasyikkan jika di temani oleh secangkir kopi yang nikmat. Untuk daerah pedesaan, kedai kopi menjadi salah satu pilar utama dalam pergerakan pelestarian budaya masyarakat.  Salah satunya daerah Tulungagung dengan budaya nyethe atau mengoleskan endapan kopi ke rokok itu.  Tak ayal, sampai sekarang pun, budaya itu masih tetap eksis hingga tak jarang ada beberapa even yang di sponsori oleh perusahaan rokok ternama untuk mengadakan lombah cethe di sana. Bahkan ada beberapa pengusaha kedai kopi yang sudah memulai usaha kedai kopi puluhan tahun yang lalu dengan segmentasi menengah kebawah yang bisa sukses meraup keuntungan dari bisnis kedai kopi ini.  Dengan harga yang sangat terjangkau, kedai kopi tersebut masih di padati banyak pengunjung setiap harinya.  Walaupun banyak yang ikut mendirikan usaha kedai kopi di sana, setiap kedai kopi mempunyai strategi dan  pangsa pasar tersendiri yang sulit untuk tertembus antara satu dengan yang lainnya.

Ada banyak pilihan dalam memulai usaha kedai kopi ini, mulai dari memilih franchise kopi yang sudah termasuk kursus meracik kopi dan lain-lainnya, atau benar-benar memulai dari  nol. Semuanya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kesemuanya ditentukan oleh Anda sendiri.

Persiapan Usaha Warung Kopi

Bisnis warung kopi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat jika Anda mempunyai ketertarikan yang besar terhadap kopi dan ingin berkecimpung di dunia wirausaha.  Apalagi, sekarang ini kedai kopi tidak hanya menjadi sekedar tempat untuk kongkow atau tempat tongkrongan saja.

Usaha ini bisa terus eksis asalkan mempunyai konsep yang unik serta dikelola dengan manajemen yang baik.  Contohnya Refresho Kedai Kopi yang mempunyai konsep unik pemanfaatan limbah kopi ini.

Kedai Kopi Refresho

Kedai Kopi Refresho

Sumber Daya

Ada banyak pilihan jika kita ingin mendirikan suatu usaha yang berbasi kopi ini. Tergantung, sumber daya apa saja yang sudah kita miliki sekarang dan  bagaimana kita merencanakan usaha kedai kopi ini nantinya.  Jangan sampai, pengalokasian anggaran yang salah hanya akan membuat modal awal Anda tidak efektif dan mempunyai usaha kedai kopi hanya bisa sebatas menjadi angan yang tidak pernah sampai.

Sumber daya yang harus dimiliki jika ingin mendirikan usaha kedai kopi yang pertama tempat usaha, sumber daya manusia (pengelola dan karyawan), ketrampilan yang di butuhkan atau yang biasa di sebut sebagai trainning barista dan mungkin modal awal yang di gunakan di saat awal-awal usaha.

Cappucino coffee

Cappucino coffee

Sebagai contoh..

jika modal terbatas, gunakan dengan bijak modal awal Anda.  Alokasikan semua dengan tepat, mana untuk sewa bangunan, untuk gaji pegawai, untuk persiapan persediaan dan sebagainya.  Karena ada banyak yang harus di persiapkan dan kesemuanya membutuhkan modal awal yang tidak sedikit.  Ketika modal sudah ada, prioritaskan langsung setiap kebutuhan.  Jangan sampai, keperluan yang lain belum terpenuhi, modal sudah habis untuk renovasi dan finishing tempat usaha J

Selain dari semua itu yang penting juga agar usaha ini bisa berjalan adalah promosi.  Pemilihan promosi yang tepat dan budget yang memadai bisa Anda gunakan untuk mempromosikan usaha kedai kopi Anda.

Stok Bahan Baku

perlu menjadi pertimbangan yang prioritas sebelum memulai usaha kedai kopi.  Pemilihan produsen kopi yang terjamin ketersediaannya dan selau menjaga kualitas bisa dijadikan partner karena ini memegang penting dalam usaha kedai kopi ini nantinya.

Targetting Konsumen Warung Kopi

Jika kita ingin memulai usaha kedai kopi atau cafe, maka yang mutlak di lakukan adalah menentukan siapa target konsumen usaha coffee shop kita.  Siapa yang akan menjadi calon konsumennya.  Atau istilahnya dalam dunia marketing kita sebut sebagai targeting. Menurut tokoh marketing Bapak Hermawan Kertajaya dalam bukunya mengatakan bahwa targeting adalah menentukan segmen-segmen pasar yang potensial bagi Anda.*  Karena kita ketahui bahwa masyarakat  akan terbagi-bagi menjadi beragam segmen atau lapisan.  Nah, disini kita harus bisa mencari segmen mana yang kita anggap potensial atau sesuai dengan sumber daya yang kita miliki.

Refresho Kedai Kopi

Refresho Kedai Kopi

Segmentasi dengan kata lain juga bisa berarti strategis dalam mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif.  Strategi ni perlu dilakukan untuk mempermudah proses penyesuaian sumber daya-sumber daya yang telah di pilih.** Ada banyak segmentasi konsumen cafe.  Bisa dilihat dari segi demografis, psikografis atau perilaku, usia dan lain-lain. Jika dilihat dari segi ekonomi, ada tiga kelompok yaitu lapisan bawah, menengah dan atas.  Sedangkan dilihat dari segi usia akan bisa dijadikan tiga lapisan, anak muda dan bisa juga kalangan ‘bapak-bapak’ :)  Nah, jika dilihat dari segi perilaku, sekarang ada banyak macam sepserti yang suka sepak bola, suka seni, suka musik dan lain-lain. Dan jika Anda menyasar segmen-segmen tersebut, contohnya jika kedai kopi Anda mungkin akan menjadi sebuah kedai kopi dengan konsumen penggemar sepak bola atau khusus penyuka musik jazz dan lain sebagainya.  Hal tersebut juga menjadikan kemungkinan kedai kopi Anda akan mempunyai positioning tersendiri dengan adanya targetting yang sudah berhasil. Setelah menetapkan target konsumen kedai kopi yang Anda inginkan, yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengalokasikan sumber daya-sumber daya yang kita miliki.  Karena hal ini juga masih dalam konsep targeting  karena pada intinya, targeting pada intinya adalah mengalokasikan sumber daya-sumber daya yang kita miliki guna mendapatkan target yang sesuai.  Atau yang seperti Bapak hermawan katakan, targeting merupakan strategi dalam mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif.***

* Hermawan Kertajaya, dalam Seri 9 Elemen Marketing on Targeting Halaman 15
** Hermawan Kertajaya, dalam Seri 9 Elemen Marketing on Targeting Halaman 16
** Hermawan Kertajaya, dalam Seri 9 Elemen Marketing on Targeting Halaman 16

Waralaba Kopi Prospektif dan Menguntungkan, Benarkah?

Kalau kita mau sedikit selektif dalam memilih waralaba kopi, kita harus benar-benar bisa mengadakan survey kecil-kecilan.  Dengan kata lain, bagaimana produk dan sistem lainnya yang di miliki waralaba tersebut.  Apakah benar-benar orang mau membayar sebuah harga untuk secangkir kopi di tempat kita nantinya? Bagaimana segmentasi yang kita  tuju, realistiskah dengan sumber daya yang kita miliki?

Franchise Coffee Shop

Franchise Coffee Shop

Survey bisa kita lakukan dengan mencoba bertanya kepada teman yang mungkin masih masuk ke dalam segmentasi pasar yang ingin kita tuju.  Disarankan, jangan teman yang nantinya bisa subyektif karena nanti mungkin mereke akan mengatakan iya karena mereka  sudah mengenal baik Anda :) Orang lain yang sama sekali tidak kita kenali bisa menjadi salah satu alternatif sampling yang cukup efektif.  Bisa sepuluh orang atau mungkin semakin banyak akan semakin baik.  Pertanyaannya mungkin sederhana, yang bisa kita tanyakan apakah mereka akan benar-benar  berani membayar dengan sebuah harga yang sudah kita tentukan untuk kopi kita? Itu masalah harga saja.  Bagaimana dengan atribut lainnya seperti merk, rasa, kemasan, konsep, suasana, kodisi dan mungkin fasilitas lain yang menyertainya..? Jawabannya mungkin beragam, tetapi yang patut di cermati adalah sebuah harga adalah salah satu faktor yang bisa menjadi pertimbangan seseorang.  Secangkir kopi akan terasa murah jika memang benar-benar sesuai dengan kualitas dan rasanya.  Hal itu sangat relatif, tetapi ada hal lain yang sangat berpengaruh seperti kondisi, pelayanan dan suasana kedai kopi karena konsumen juga terkadang membeli suasana selain secangkir kopi.  Yang jelas, kita sudah mempunyai produk dengan berbagai atribut seperti yang kita tawarkan.  Itu yang kita tanyakan. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah seberapa tinggikah minat masyarakat yang menjadi target kita terhadap kopi? Kalau ya, bagaimana jumlahnya? Sedikit atau banyak, kita harus mempunyai target berapa yang kira-kira terjaring untuk membeli produk kita.

Realistiskah?

Kalau tidak, berarti kita memerlukan sebuah edukasi kepada mereka.  Dan tentu di ingat, ada edukasi berarti ada waktu dan biaya tambahan untuk sebuah edukasi kepada masyarakat. Tentang konsep, hal ini juga tidak bisa kita kesampingkan.  Bagaimana differensiasi dari kedai kopi tersebut? Apakah mempunyai differensiasi yang sangat besar di bandingkan dengan pesaing? Ataukah sama dengan yang lainnya atau mungkin hanya produk yang ikut-ikutan atau mee too?  Differensiasi menjadi sangat penting karena di samping nantinya kedai kopi kita akan cepat sekali di ingat oleh konsumen serta memperoleh positioning di benak pelanggan, hal tersebut juga akan membedakan kedai kopi kita dengan kedai kopi yang lainnya.

Kopi rasa buah refresho coffee shop

Kopi rasa buah refresho coffee shop

Fasilitas Lain

Selain persiapan di atas, kita juga harus mempunyai persiapan-persiapan lain untuk kedai kopi kita. Satu hal yang mungkin sepele tapi sangat berguna bagi pengunjung adalah Toilet. Yups, toilet akan sangat berguna bagi pengunjung karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang bisa saja tak terduga.  Pengunjung tidak perlu repot bingung mencari fasilitas ini karena kita sudah menyediakannya.

Toilet Warung Kopi

Toilet Warung Kopi

Yang perlu di tambahkan adalah papan penunjuk ke toilet agar pengunjung tidak bingung mencarinya.  Petunjuk ini bisa di pasang di tempat-tempat yang sering di lalui pengunjung warung kopi. Setelah itu, yang perlu di perhatikan adalah kebersihannya. Pembersihan toilet bisa dilakukan setiap hari agar toilet tetap dalam keadaan bersih. Dalam hal ini juga bisa di tambahkan pewangi agar toilet selalu harum dan wangi. Pendelegasian yang jelas kepada karyawan warung kopi akan membuat kejelasan siapa saja yang akan melakukan pekerjaan ini.

Menjaga Kebersihan Warung Kopi

Menjaga Kebersihan Warung Kopi

Setelah itu, tidak ada salahnya Anda membaca salah satu peluang usaha kedai kopi yang bisa Anda jadikan pertimbangan.  Salah satunya adalah di peluang usaha kedai kopi.

Bagaimana menurut Anda?

Artikel yang terkait:

 

 

“Pengusaha sukses tidak hanya “berpikir”, namun juga “melakukan”. Mereka tahu jika ingin berhasil, diperlukan tindakan. Memiliki sasaran yang ingin dicapai adalah hal yang bagus, tapi fokus pada tindakan akan lebih mengarahkan Anda”. (sumber kutipan)