SOP Usaha Kedai Kopi

Selama berjalan, sekecil apapun usaha kedai kopi haruslah memiliki standar baku yang nantinya bisa di gunakan sebagai acuan bagi para karyawan .  Karena memiliki lebih dari satu orang selama menjalankan operasional kedai kopi, maka antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya akan mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menyelesaikan masalahnya.  Misalnya dalam membuat salah satu resep menu di cafe, maka bila tidak ada standar yang baku dalam proses pembuatannya maka bisa saja karyawan mempunyai cara yang berbeda-beda. Karyawan A menggunakan cara 1 dan karyawan B menggunakan cara 2, misalnya. Hal ini juga penting agar tidak terjadi konflik di antara karyawan yang satu dengan yang lainnya.  Untuk mengatasi hal tersebut, di buatlah standar baku atau yang biasa di sebut dengan SOP atau Standard Operating Procedures.
Rudi. M. T mendefinisikan SOP adalah sebagai “pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada di dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan yang dilaksakan oleh orang-orang di dalam suatu organisasi,, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar dan sistematis”.
Bila belum ada SOP, akan banyak proses-proses yang ada di dalam operasional kedai kopi yang tidak efektif dan efisien.  Tidak hanya usaha kedai kopi, SOP juga di butuhkan untuk usaha lain seperti usaha Restoran, Usaha Rumah makan dan lain sebagainya.  Kesalahan penempatan orang-orang yang tepat juga berpeluang terjadi bila usaha kedai kopi tidak punya SOP.  Karena sebuah usaha kedai kopi layaknya perusahaan yang mempunyai lebih dari satu orang, maka tentunya kesalahan yang kecil pun akan berdampak pada bagian yang lainnya karena hal ini menyangkut sebuah sistem perusahaan.  Apalagi bila usaha cafe tersebut mempunyai banyak karyawan dengan beberapa pembagian tugas dan fungsi yang lebih kompleks.  Tentunya SOP akan lebih mutlak di butuhkan agar usaha coffee shop bisa berjalan dengan semestinya.
SOP Standar Operating Procedures Kafe Usaha Kedai Kopi Dan Coffee-Shop

SOP Standar Operating Procedures Kafe Usaha Kedai Kopi Dan Coffee-Shop

Bila kita memilih usaha kopi dengan sistem waralaba kedai kopi maka tentunya hal itu akan lebih mudah karena SOP tersebut sudah di buatkan oleh terwaralaba.  Kita sebagai mitra/terwaralaba tinggal menjalankan sesuai dengan apa yang ada dalam SOP.  Pewaralaba dalam membuat SOP juga pasti di sesuaikan dengan kebutuhan operasional kedai kopi induknya dan tentu saja sudah melalui uji coba dan tingkat kegagalannya sangat minim sekali.  Resiko benturan dengan bagian lain setelah SOP praktekan juga sudah minim terjadi.  Hal ini biasanya berlaku tidak hanya untuk waralaba yang dengan tarif yang tinggi saja, waralaba kedai kopi murah pun seharusnya memilik standar baku seperti SOP ini.
Akan tetapi bila usaha cafe kita merupakan usaha sendiri, maka tentunya pengelola sendiri yang harus membuat SOP yang sesuai dengan kedai kopi tersebut.  Hal itu bisa terjadi karena SOP di setiap kedai kopi akan berbeda dengan SOP kedai kopi yang lainnya. SOP kedai kopi lain belum tentu pas bila di gunakan untuk kedai kopi yang lainnya.  Apalagi setiap kedai kopi tersebut memiliki ciri khas dan kharakteristik serta budaya perusahaan yang berbeda-beda.

Related Post

Comments

comments