Menentukan Harga Jual Di Usaha Kedai Kopi

Biasanya, ada beberapa orang yang kaget dengan harga di beberapa kedai kopi ternama lalu setelah pulang tiba-tiba ingin punya usaha kedai kopi yang serupa.  Dalam benak terbesit beberapa pertanyaan. Kenapa secangkir kopi yang hanya seperti itu bisa di harga dengan harga yang cukup mahal? Atau pertanyaan lain, bukankah dengan harga jual yang semahal itu berarti profit usaha kedai kopi tersebut cukup tinggi? Atau, berarti usaha kedai kopi adalah usaha kedai kopi yang menjanjikan dong?  Kalau saya bisa bikin usaha cafe dan harganya tidak semahal ini mungkin konsumennya akan lebih rame kan?.  Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bisa muncul.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin bisa ada benarnya, tapi mungkin bisa juga salah besar.  Boleh jadi, dengan harga semahal itu si pemilik kedai kopi tidak cuma menjual kedai kopi. Tapi juga menjual sejarah bagaimana dulu dia memulai usaha tersebut. Bisa juga, kedai kopi tersebut tidak hanya menjual secangkir kopi akan tetapi mereka jua menjual brand yang sudah mereka bangun berpuluh-puluh tahun.  Atau memang, dengan fasilitas-fasilitas kafe yang ada membuat biaya-biaya akhirnya menjadi cukup tinggi dan ujung-ujungnya harga jual lah yang menjadi tinggi.
Masih banyak lagi hal-hal yang sebenarnya baru bisa di ketahui oleh sang pemilik kedai kopi.  Kita sebagai orang luar, paling hanya bisa meraba dan menerka-nerka bagaimana keadaan yang sebenarnya.  Belum tentu juga orang yang lebih mahir meracik kopi akan lebih sukses dalam menjalankan usaha cafe. Harga yang lebih murah pun juga tidak pernah menjadi jaminan apakah usaha kedai kopi itu akan berhasil atau tidak.  Dan yang paling penting, konsumenlah yang menilai apakah mereka sudah mendapatkan harga yang pantas dari secangkir kopi yang dia minum.
Bisnis Plan Kedai Kopi Untuk Harga Jual Kopi

Bisnis Plan Kedai Kopi Untuk Harga Jual Kopi

Lalu, bagaimana menentukan harga yang pas untuk menjual beberapa menu kopi di coffee shop kita?
Sebelum benar-benar memulai usaha coffee shop seperti ini, agar harga yang kita tentukan itu akan tepat ada baiknya kita juga membuat bisnis plan yang memuat gambaran kasar seperti apa kira-kira usaha kedai kopi kita tersebut akan berjalan.  Bagaimana dan siapa yang menjadi target konsumen kita. Lalu bagaimana kira-kira desain dan konsep yang kira-kira pas untuk konsumen yang sudah kita targetkan tersebut. Berapa rentang harga yang bisa di capai oleh konsumen kita tersebut.
Beberapa pertanyaan tersebut ada baiknya kita rumuskan terlebih dahulu dalam suatu rencana bisnis yang baik.  Beberapa survey kecil-kecilan bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengetahui bagaimana konsumen kita nantinya.  Mendengarkan konsumen adalah hal yang terbaik yang bisa kita lakukan agar tahu bagaimana kharakteristik dari konsumen kita.  Di situ akan bisa terlihat apakah harga yang akan kita tentukan teresebut terlalu mahal atau tidak menurut konsumen. Bila Anda memilih usaha waralaba kedai kopi, Anda bisa berkonsultasi dengan pewaralaba Anda.  Biasanya, pewaralaba sudah mengadakan survey dan strategi penentuan harga yang sudah teruji oleh konsumennya.
Jangan sampai, kita tidak punya sama sekali gambaran bagaimana usaha coffe kita tersebut akan berjalan. Yang membuat kita bisa kaget dan akhinrya berjalan tanpa fokus arah dan strategi yang tepat.  Memang, perencanaan yang matang pun bukan suatu jaminan usaha kita nanti pasti akan berjalan dengan sukses.  Akan tetapi, dengan perencanaan yang matang, kita bisa lebih siap dengan hal-hal yang bisa saja nanti akan terjadi dan kita bisa lebih siap dalam menghadapinya.
Bisnis plan seperti ini harus di buat terutama bila kita memulai usaha kedai kopi sendiri dari nol.  Akan tetapi bila Anda memulai usaha melalui waralaba kedai kopi, maka mungkin hal ini bisa lebih di antisipasi karena sudah di persiapkan oleh Pewaralaba. Di sini pemilik tinggal mempersiapkan hal-hal yang teknis seperti perlengkapan kedai kopi, asesoris dan lain sebagainya.  Bila Anda tertarik untuk bergabung dengan waralaba kedai kopi murah, ada banyak pilihan untuk waralaba mulai dari yang bertarif murah hingga ratusan juta rupiah.  Nah, salah satu waralaba yang bisa Anda pertimbangkan adalah Refresho Kedai Kopi.  Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi Waralaba Kedai Kopi Refresho.(sp)

 

Related Post

Comments

comments