Tipe Desain Warung Kopi Sederhana

Sebelum menentukan bagaimana desain dari warung kopi yang akan Anda gunakan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana kedai kopi yang akan Anda buka nantinya. Khususnya bagaimana pemasaran karena ini nanti menjadi strategi kunci agar usaha kafe kita bisa survive dan terus berjalan.   Membaca peluang usaha kedai kopi mana yang sesuai untuk calon kawasan Anda penting untuk di ketahui sebelumnya.  Menentukan target segmentasi pasar konsumen kedai kopi Anda adalah hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Segmen bawah, segmen menengah atau mungkin malah segmen atas yang mungkin menawarkan beragam fasilitas premium nantinya.

Segmentasi pasar warung kopi juga bisa di lihat dari beberapa hal mulai dari usia, demografi, tingkat pendapatan konsumen dan lain sebagainya. Untuk mengetahui tentang segmentasi pasar kedai kopi yang lebih mendalam, Anda harus mempelajari Segmentasi Pasar Kedai Kopi yang tepat untuk usaha kedai kopi Anda.  Peralatan usaha kedai kopi yang di butuhkan pun juga tentunya akan berbeda di masing-masing segementasi.  Begitupun juga dengan perlengkapan usaha kedai kopi yang pastinya juga akan menyesuaikan dengan segemen yang di tentukan.

Tipe Kedai Kopi Desain Warung Kopi Sederhana by Refresho Cafe

Tipe Kedai Kopi Desain Warung Kopi Sederhana by Refresho Cafe

Sesuai dengan judul di atas, maka di sini kita akan coba mengupas lebih dalam tentang bagaimana desain warung kopi yang sederhana itu. Di sini saya asumsikan Anda membidik segmentasi pasar dari kalangan menengah ke bawah. Dalam hal ini, konsumen yang kita bidik adalah dari para remaja dan pelajar.   Bisa dari pelajar SMP hingga anak mahasiswa. Modal yang Anda milikipun juga minim sehingga Anda harus memikirkan bagaimana agar budget Anda cukup untuk mendirikan bisnis warung kopi.

  1. Tipe desain angkringan

Jenis warung kopi ini bisa dengan mudah kita jumpai di jawa tengah, Jogjakarta dan sekitarnya. Konsepnya yang sederhana memikat banyak konsumen untuk singgah dan menjadikannya tempat favorit karena harganya yang terjangkau. Selain itu, menu makanannya juga beragam sehingga kita bisa memesan camilan dan tidak hanya memesan minuman saja. Lokasi untuk angkringan bisa di pinggir jalan atau di teras toko yang sudah tutup saat malam. Modal yang terbesar untuk mendirikan warung kopi angkringan adalah untuk gerobagnya. Meski terlihat sederhana, satu gerobak bisa menghabiskan biaya jutaan rupiah. Kursi yang di gunakan pun juga bisa menggunakan kursi yang terbuat dari kayu biasa.

  1. Home Café atau Café Rumah

Desain warung kopi ini cukup di gemari di era sekarang ini karna cukup menggunakan rumah yang di ubah sedemikian rupa menjadi usaha coffee shop. Biasanya, ada beberapa hal yang akan di renovasi untuk bisa di sesuaikan menjadi warung kopi. Biaya yang di gunakan pun jauh lebih murah daripada jika kita harus membangun kedai kopi mulai dari nol. Oleh karena itu, kita bisa menyewa atau menggunakan rumah kita yang tidak di pakai. Selain peralatan dan perlengkapan dapur, di sini kita harus membeli peralatan kedai kopi dan perlengkapannya seperti meja, kursi dan lain sebagainya.  Jika Anda berkenan, meja untuk lesehan pun juga bisa di jadikan pilihan dari konsep kedai kopi sederhana Anda.

Jika kita kreatif, tempat yang minimalis bukanlah mejadi halangan lagi. Dengan beberapa meja dan kursi untuk pelanggan serta meja bar bisa kita jadikan sebuah warung kopi yang sederhana. Untuk lebih menghemat biaya, kita juga bisa menggunakan bahan dari limbah yang kita olah sedemikian rupa sehingga menjadi asesoris yang menarik. Tentu saja, untuk bisa mendesainnya kita tidak harus menggunakan tenaga arsitek yang mahal. Kita bisa melakukannya sendiri dengan banyak-banyak mencari referensi melalu buku atau internet.  Dan jangan lupa, hal yang sangat penting lainnya adalah papan nama kedai kopi agar warung kita mudah di kenali.  Selain itu, media sosial untuk usaha kedai kopi harus kita gunakan dengan baik untuk menunjang loyalitas pelanggan kedai kopi kita nantinya.

Jika Anda memiliki ide sederhana tambahan untuk sebuah warung kopi silahkan tinggalkan komenter untuk nantinya bisa kita tambahkan di sini.  Semoga bermanfaat buat Anda yang ingin memulai usaha warung kopi. (sp)

Next >> Waralaba Kedai Kopi Murah Refresho Cafe

Related Post

Comments

comments