Franchise Refresho Kedai Kopi




Content:

*Franchise Refresho Kedai Kopi

*Strategi Pasar

*Jenis Kemitraan

*Fasilitas Kemitraan

*Keuntungan

*Tahapan Bermitra

*Fasilitas Kemitraan Premium

*Pendaftaran dan Informasi

*Proposal Bisnis Kemitraan

 

Franchise Refresho Kedai Kopi

Refreso Kedai Kopi

Tingkat stress yang semakin tinggi membuat masyarakat membutuhkan tempat untuk sekedar melepas lelah atau mencari tempat refreshing yang bisa menyegarkan suasana kembali.  Ke coffee shop atau kedai kopi menjadi salah satu pilihan yang favorit di masyarakat.  Di samping sudah menjadi budaya khusus di Indonesia, masyarakat terbukti mempunyai minat yang amat besar untuk mengunjungi tempat yang di gemari semua usia ini.

Pergeseran budaya membuat keberadaan coffee shop semakin di akui masyarakat.  Peran media-media yang sering mensosialisasikan kedai kopi mendukung perkembangan warung khusus kopi ini.  Semula kedai kopi di jadikan sebagai tempat berkumpul para masyarakat, tapi sekarang, seakan kedai kopi mempunyai fungsi tambahan sebagai tempat untuk bertemu teman lama, sahabat atau bahkan relasi bisnis untuk membahas suatu bisnis tertentu.

Suasana refresho coffee shop sidoarjo

Suasana refresho coffee shop sidoarjo

Di beberapa kedai kopi menyediakan khusus untuk tempat rapat yang sedang mempunyai agenda tertentu.  Disini pula, akhirnya perkembangan kedai kopi semakin pesat karena masyarakat bisnis sering bosan jika rapat di adakan di kantor saja tanpa ada sentuhan yang lain dari pada yang lain.

Refresh Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang memiliki visi membuat produk-produk yang bermanfaat untuk refreshing yang berbeda bagi masyarakat mempersembahkan Refresho Kedai Kopi. Dengan Tagline Lebih Sederhana, Lebih Bersahabat Refresho Kedai Kopi menyajikan aneka menu kopi yang bervariasi dengan harga yang lebih terjangkau sehingga bisa di kunjungi semua kalangan masyarakat.

Refresho Kedai Kopi hadir pertama kali di kota Sidoarjo.  Terletak di Jl. Raya Gebang AA 40 Sidoarjo  sangat pas untuk konsep traditional coffee shop yang kita usung untuk kedai kopi dengan keunikan pemanfaatan limbah kopi ini.  Kesempatan yang sangat lebar untuk masyarakat yang ingin menjalin kemitraan dengan kami untuk mendirikan Refresho Kedai Kopi di kota lain.  Sehingga Refresho Kedai Kopi bisa lebih dekat dengan masyarakat untuk memberikan sarana refreshing yang benar-benar berbeda.

Refresho Kedai Kopi juga menjual berbagai perlengkapan untuk kedai kopi atau coffee shop, lighting, hingga berbagai menu kopi seperti beragam kopi seperti kopi hijau yang unik di Indonesia.

Perlengkapan khas yang bisa di dapat seperti gelas batik limbah kopi, lampu hias limbah kopi yang benar-benar menggunakan limbah kopi sebagai bahan pembuatnnya.  Salah satu produk unggulan Jawa Timur ini sangat tepat untuk di jadikan penghias kedai kopi Anda.

 

Strategi_Pasar

Strategi Pasar

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar yang di bidik Refresho Kedai Kopi adalah masyarakat muda yang berumur antara 18 hingga 35 tahun. Walaupun pada kenyataannya, peminat dari berbagai varian menu Refresho Kedai Kopi banyak juga pelanggan yang usia 40 tahun keatas.  Fokus terhadap target konsumen akan membuat hasil yang maksimal sesuai dengan strategi marketing yang ada.  Kemudahan proses promosi yang sangat cepat melalui word of mouth melalui segmen anak muda memang menjadi tujuan awal strategi pasar kami.  Disamping tingkat kepercayaan yang tinggi akan proses komunikasi pemasaran melalui word of mouth yang sangat efektif untuk di terapkan di Indonesia.

Positioning

Traditional Coffee Shop adalah konsep dasar dari Refresho Kedai Kopi.  Dengan pemanfatan limbah yang unik terbukti menjadi daya tarik tambahan untuk positioningnya.  Di Indonesia, ada beberapa konsep yang di usung kedai kopi dari skala kecil hingga neo-modern.  Tetapi, yang mengusung konsep tradisional plus pemanfaatan limbah kopi hanya satu yaitu di Refresho Kedai Kopi.  Positioning yang kuat ini mampu memberikan ruang yang cukup untuk benak pelanggan maupun calon pelanggan.  Bersaing dengan kedai kopi lain di benak pelanggan.  Benar-benar unik dan berbeda adalah salah satu modal utama untuk bisa berkembang secara pesat di era saat ini.

Maka dari itu, konsep kemitraan hanya di terima jika konsep yang dimiliki bisa disesuaikan dengan konsep tradisional dari Refresho Kedai Kopi.

Service

Konsep pelayanan dari Refresho Kedai Kopi dengan tagline lebih sederhana, lebih bersahabat menjadikan kami berkomitmen akan memberikan pelayanan yang paling baik untuk pelanggan.  Bukan sekedar pelayanan standar yang baik, tapi Refresho Kedai Kopi mempunyai sistem pelayanan yang mengutamakan persahabatan dengan konsumen.  Para karyawan harus hafal dengan nama setiap konsumen, menu apa yang biasa di pesan  dan lain sebagainya.

Menurut penelitian, pelayanan standar yang di buat-buat dan kaku tidak membuat suasana menjadi nyaman bagi konsumen.  Padahal suasanalah yang mereka harapkan di tempat-tempat seperti ini.  Suasana yang bersahabat, santai dan nyaman.

Refresho Kedai Kopi juga memberikan pelayanan internet gratis bagi para pelanggannya.  Dengan minimal 1 PC yang bisa di gunakan untuk umum, akan membantu saat pelanggan tidak membawa gadget yang support wireless network.

Untuk yang membawa gadget yang support, pelanggan bisa mengakses internet tanpa batas dan waktu.  Surfing sambil ngopi menjadi tradisi yang kuat di kaum anak muda di era sekarang ini.  Internet akan mendukung semua hal yang pelanggan cari untuk proses belajar yang tidak mengenal usia.

Promosi

suasana di refresho coffee shop

 

Proses komunikasi sangat penting di dunia bisnis.  Karena itu kami menyadari betapa  pentingnya penyediaan saran komunikasi dengan prospek atau calon pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan Refresho Kedai Kopi.

Ada beberapa tahapan dalam proses komunikasi produk Refresho Kedai Kopi.  Mulai dari proses komunikasi pengenalan produk, peningkatan loyalitas pelanggan, hingga peningkatan brand image Refresho Kedai Kopi di mata masyarakat.

Ada beberapa fasilitas yang di berikan Refresho Kedai Kopi kepada pelanggan loyalnya.  Salah satunya adalah Refresho Coffee Addict yang memberikan diskon hingga 20 persen kepada pelanggan yang sudah mencapai transaksi tertentu.  Pelanggan akan di berikan identitas seperti pemberian membercard untuk Refresho Coffee Addict untuk di gunakan setiap proses transaksi.

Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Untuk memulai bisnis di bidang ini tidaklah membutuhkan sumber daya yang banyak.  Inti dari usaha ini adalah ketersediaan barista yang mempunyai keterampilan di bidang coffee shop dan FnB atau yang biasa di sebut Food n Beverages serta waiters yang berperan sangat penting untuk keberlangsungan usaha ini.

Latte Coffee

Latte Coffee

Controlling

Refresho Kedai Kopi mempunyai standar pengawasan uji mutu dari setiap mitra.  Program ini dilakukan untuk bahan evaluasi dari setiap hasil dari jangka waktu yang di tentukan oleh Refresh Indonesia.  Pelaksanaan controlling dilakukan setelah 6 bulan sejak hari pengoperasian dan satu tahun di awal tahunnya.  Untuk tahun selanjutnya proses pengawasan dilakukan setiap 6 bulan oleh Petugas dari Refresh Indonesia.

 

Jenis_Kemitraan

Refreso Kedai Kopi
General Information
  1. Nama Brand Franchise           : Refresho Kedai Kopi
  2. Jenis Kerjasama                       : Business Opportunity
  3. Harga Kemitraan                      : Rp 22.500.000,-
  4. Jangka waktu kemitraan         : 3 tahun
  5. Royalty Fee                                 : Rp.   5.000.000 /tahun (dibayar di muka)

 

 

Fasilitas_Kemitraan

Fasilitas Kemitraan

Setiap permintaan kemitraan yang di setujui untuk mendapatkan program kemitraan akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang akan di atur oleh Refresh Indonesia.  Fasilitas-fasilitas tersebut seperti trainning barista dan waiters, sejumlah perlengkapan kedai kopi dan bahan baku yang akan di dapat dari Refresho Kedai Kopi.

Analisa Usaha Kemitraan Refresho Kedai Kopi*

Investasi Awal:
Biaya Kemitraan Rp. 22.500.000
Meliputi:   Peralatan Dapur
Lighting
Promosi (Brosur, kartu nama, banner)
Bahan Baku Awal
Perlengkapan (gelas batik limbah kopi, lukisan limbah kopi)

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu

Hanya dengan 27,5  juta rupiah saja, Anda sudah memiliki usaha Refresho Kedai Kopi jika memang sudah memiliki tempat dan peralatan sendiri yang sudah kami setujui, sehingga Anda hanya mengeluarkan investasi sebesar 27,5 juta rupiah.

Ingin memulai usaha Refresho Kedai Kopi? Anda bisa melihat secara detail Persyaratan dan Prosedur Kemitraan Refresho Kedai Kopi di bawah ini atau di Waralaba Refresho dan Silahkan isi formulir pendaftaran di sini atau bisa juga dengan cara mengirimkan email permintaan kerja sama ke alamat : refreshocoffeeshop@gmail.com atau hubungi kami di +6281 334 82 9393. (sp)

 

Keuntungan Bermitra

Keuntungan atau kelebihan bila Anda bergabung dengan Bisnis Kemitraan Refresho Kedai kopi, yaitu :

1. Biaya Investasi Murah dan Sangat terjangkau

Biaya investasi untuk sebuah franchise yang bergerak dibidang coffeshop rata-rata berharga diatas 75 juta. Di Refresho Kedai Kopi, biaya investasi amat murah dan sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar 27,5 juta rupiah.

2. Tidak ada biaya perpanjangan Franchise fee

Pada bisnis franchise, ada biaya joining fee franchise yang dibayarkan oleh mitra. Dengan biaya tersebut, maka mitra berhak menggunakan brand/merk dagang yang dibeli dalam periode waktu tertentu (3 s/d 5 tahun). Dimana setelah jangka waktu itu habis, maka para mitra ada kewajiban untuk membayar biaya perpanjangan franchisenya yang dibayar sejumlah dengan biaya pada awal bergabung.

Di Refresho Kedai Kopi hal tersebut tidak di berlakukan. Anda cukup membayar 1 kali saja didepan, dan untuk selanjutnya Anda tidak perlu membayar biaya perpanjangan franchise fee. Anda hanya cukup membayar royalti fee yang sangat murah.

3. Royalti fee tahunan sangat ringan

Royalti fee yang dibayarkan para mitra Refresho sangat murah. Royalti fee bagi para mitra Refresho Kedai Kopi yang dibayarkan pada management pusat ‘hanya’ Rp5.000.000/tahun.

4. Royalti fee tidak dihitung dari total omzet outlet

Biasanya setiap franchise yang bergerak dibidang kuliner akan memungut royalti fee sebesar 2-5% dari total omzet outlet tersebut. Itu artinya, apabila outlet memiliki total omzet sebesar 250 juta per tahun, royalti fee yang dibayarkan hingga sebesar 5% dari 250 juta tersebut, atau sekitar 12,5 juta.

Tapi di Refresho Kedai Kopi lebih menguntungkan. Royalti fee tidak dihitung dari total omzet setiap outlet. Itu artinya Omzet Anda mau 200juta, 250juta, ataupun 300juta per tahun, maka royalti fee yang dibayarkan kepada management Refresho Kedai Kopi pusat tetap hanya sebesar Rp5.000.000,- (lima juta rupiah) saja.

5. Produk yang dijual juga familiar di mata masyarakat

Bisnis coffeshop adalah bisnis yang tidak pernah mati. Hal ini mengingat acara‘ngumpul’ sambil minum kopi sudah menjadi semacam budaya bagi masyarakat Indonesia, baik tua maupun muda. Ditambah dengan adanya fasilitas wifi, maka bisnis ini tetap saja ada peminatnya.

6. Marketing terpadu oleh management pusat

Refresho Kedai Kopi sering diliput oleh berbagai media karena keunikan dan kekhasannya. Saat itu pula brand Refresho juga akan semakin terjadi peningkatan brand image di mata masyarakat. Selain itu Refresho Kedai Kopi  juga mempunyai website resmi sendiri yang tergabung dalam perusahaan Refresh Indonesia sehingga outlet Anda akan di tambahkan di website kami yang sudah dikenal sejak lama.

7. Bebas menyediakan bahan baku produk buah

Untuk kemudahan ketersediaan bahan baku untuk semua menu jus buah, Mitra bisa membeli sendiri buah yang ada di pasaran.

8. Diperbolehkan menjual menu lain, selain menu utama Refresho Kedai Kopi

Apabila Anda ingin menambahkan menu jualan lainnya di gerai Refresho Kedai Kopi maka Anda akan diperbolehkan setelah mendapatkan ijin dari Refresho Kedai Kopi pusat. Maksudnya, misalkan didaerah Anda mau menambahkan menu jualan semisal : burger, sanwich, aneka kue/roti olahan kopi, dan lain-lain maka Anda tetap diperbolehkan jika telah mendapatkan ijin.

9. Bebas berkonsultasi dengan management Refresho Kedai Kopi pusat

Apabila ada problem-problem dilapangan ataupun ingin pendampingan demi kemajuan bisnis Refresho Kedai Kopi, para mitra tetap disupport penuh oleh management Refresho Kedai Kopi pusat. Mitra di persilahakan berkonsultasi demi kemajuan bisnis Refresho Kedai Kopi Anda.

 

Hak dan Kewajiban Masing-Masing Pihak

Hak dan Kewajiban Refresho Kedai Kopi Pusat

¨  Menyediakan perlengkapan dan bahan baku awal

¨  Menentukan harga jual dan perubahan harga konsumen.

¨  Menentukan SOP (Standard Operating Precedures).

–   Refresho Kedai Kopi berhak mencabut ijin kemitraan sewaktu-waktu jika di tengarai mitra  melakukan pelanggaran atas aturan yang sudah di buat Refresho Kedai Kopi.

Hak dan Kewajiban Mitra Penerima

¨  Berjiwa enterpreneur dan mau bekerja sama dengan Refresho Kedai Kopi Pusat untuk membesarkan Refresho Kedai Kopi di area wilayahnya.

¨  Mengajukan usulan lokasi usaha.

¨  Melakukan pengawasan secara menyeluruh atas peralatan, perlengkapan, karyawan dan kebersihan outlet.

¨  Melakukan pemesanan dan pembelian bahan baku sesuai standar Refresho Kedai Kopi.

¨  Bertanggung jawab atas biaya sewa tempat dimana outlet berada.

¨  Melakukan promosi disekitar outlet.

¨  Menaati semua aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan Refresho Kedai Kopi Pusat.

 

Tahapan Bermitra

Prosedur Kemitraan Refresho Kedai Kopi

Untuk menjadi Mitra Refresho Kedai Kopi ada beberapa tahapan yang dipenuhi terlebih dahulu.

1. Calon Mitra Refresho Kedai Kopi sudah memiliki calon lokasi yang akan digunakan untuk membuka outlet Refresho Kedai Kopi

Lokasi yang disarankan adalah memenuhi salah satu atau beberapa kriteria berikut ini:

a. Luas lokasi outlet minimal cukup untuk 10 meja pelanggan

b. Lokasi bisa berada di tempat strategis (dekat kampus/sekolah, ruko)

c. Trafic jalan Lokasi cukup ramai, dan diusahakan berlalu-lintas 2 arah.

d. Dekat lokasi perkantoran, apalagi menjadi rute saat pulang kantor.

e. Jumlah karyawan  minimal sebanyak 2 orang

f. Terdapat saluran telepon rumah dari PT. Telkom Indonesia untuk pendaftaran koneksi wifi dari Speedy

g. Fasilitas listrik minimal 2200VA

h. Ketersediaan Air Bersih

i.  Terdapat tempat parkir yang memadai untuk pengunjung

j.  Sudah memiliki peralatan seperti funiture, meja bar, 1 unit PC untuk di pakai di umum dan sound system.

Untuk lokasi, kharakteristik konsumen kedai kopi ini bisa di bilang cukup unik. Sebagai contoh di Refresho Kedai Kopi Pusat yang berada di daerah yang cukup jauh dari pusat kotapun terbukti tetap ramai dikunjungi pengunjung. Konsumen kedai kopi biasanya akan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap brand Refresho. Tetapi kemungkinan berhasil akan jauh lebih tinggi apabila Mitra mempunyai calon tempat usaha yang lebih strategis.

2. Calon Mitra Refresho Kedai Kopi tinggal mengisi formulir pendaftaran di sini atau membuat surat permintaan untuk menjadi Mitra yang sudah di lampirkan foto copy Identitas (KTP/SIM) serta data diri yang lengkap dan di kirimkan melalui email ke refreshocoffeeshop@gmail.com

3. Jika aplikasi diterima, proses dilanjutkan dengan pembayaran Tahap I

Di bayarkan sebesar Rp. 10.000.000,- Ditransfer ke:

 

BNI 46

BNI 46

BNI

Setelah pembayaran di lakukan, Mitra mengonfirmasi pembayaran dengan cara mengirimkan scan bukti pembayaran ke email : refreshocoffeeshop@gmail.com dan silahkan mengisi form konfirmasi pembayaran di sini

4. Setelah pembayaran Tahap I dilakukan, dilanjutkan penandatangan MoU (kesepakatan Awal) bersama yang akan di kirimkan ke Mitra

5. Jika Mitra sudah menandatangani MoU (kesepakatan Awal) bersama, maka MoU di kirimkan kembali ke Refresho Kedai Kopi Pusat.

6. Setelah pembayaran diterima, maka Manajemen akan melakukan persiapan Pra Operasional oleh manajemen Refresho Kedai Kopi dan Mitra

7. Setelah peralatan dan perlengkapan sudah siap, makadilanjutkan dengan Calon Mitra melakukan pembayaran Tahap II yaitu jumlah sisa dari total keseluruhan biaya kemitraan kepada pihak Refresho Kedai Kopi pusat yaitu sebesar Rp. 17.500.000,- di tambah biaya pengiriman peralatan dari Refresho Kedai Kopi pusat ke lokasi Mitra yang ditanggung sepenuhnya oleh Mitra Refresho Kedai Kopi.

 

Fasilitas Kemitraan Premium

Fasilitas Kemitraan Refresho Kedai Kopi Premium:

Biaya Kemitraan Rp. 22.500.000
Meliputi:   Peralatan Dapur
Lighting
Promosi (Brosur, kartu nama, banner)
Bahan Baku Awal
Perlengkapan (gelas batik limbah kopi,  lukisan limbah kopi)
*Sebelum ada tanda jadi Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu

FASILITAS YANG DIPEROLEH MITRA

Dengan biaya kemitraan sebesar 22,5 juta, mitra Refresho Kedai Kopi: akan mendapatkan Fasilitas sebagai berikut:

Peralatan dapur*
Item Jumlah Keterangan
Mesin Espresso 1 buah
Presspot 1 buah
Panggangan Roti 1 buah
Cangkir 12 buah
Blander 1 buah
Sendok Kecil 12 buah
Asbak 10 buah
Gelas Teh 12 buah
Gelas Juice 12 buah
Piring Besar 8 buah
Piring Roti Bakar 8 buah
Piring Kentang Goreng 6 buah
Pisau 8 buah
Sendok 12 buah
Garpu 12 buah
Lighting
Lampu Warna 2 buah
Lampu Hias (limbah kopi) 4 buah
Hiasan
Lukisan Limbah Kopi 4 buah
Promosi
Banner Outdor 5 buah
Brosur 3 rim
Kartu Nama 3 pak 300 buah
Banner Neon Box 2 buah 2mX1m
Bahan Baku
(1 bulan pertama) 20 pak/menu

 

Pendaftaran dan Informasi

Untuk pendaftaran dan informasi Kemitraan Refresho Kedai Kopi silahkan mengisi data di sini

Kedai Kopi Refresho

Kedai Kopi Refresho

Jika halaman pendaftaran ini tidak muncul silahkan klik di sini

 

Proposal Bisnis Kemitraan

 

Proposal Kemitraan Refresho Kedai Kopi

Download Franchise Refresho Kedai Kopi

Download Franchise Refresho Kedai Kopi

Download Proposal Bisnis Kemitraan Refresho Kedai Kopi

 

Presspot 2 buah

 

Artikel yang terkait bisnis dan usaha kedai kopi:

Related Post




Comments

comments