Google

You are here: Home // Tips Memelihara Burung Murai Batu // Suara Master Burung Murai Batu

Suara Master Burung Murai Batu

Artikel Memaster Burung Murai Batu:-

*Memaster Murai Batu

*Jenis Master Burung Murai Batu

*Memaster Burung Murai Batu Dengan Alat

*Waktu Memaster Burung Murai Batu

____________________________________________________________________________

Memaster Murai Batu

Yang saya maksud proses memaster disini adalah proses untuk mengajari murai batu belajar suara-suara dengan yang kita inginkan.  Sedangkan burung master adalah burung yang ingin kita jadikan suara untuk di masukkan ke dalam murai batu kita.  Memaster burung murai batu bisa dilakukan dengan cara mendekatkan suara burung yang ingin di masukkan dengan burung murai batu dengan menggunakan suara burung asli maupun dengan master alat bantuan.

Ada banyak tujuan memaster, sebagian besar tujuan memaster murai batu ini adalah  untuk tujuan lomba.  Tujuan inti dari proses ini adalah agar murai batu mempunyai suara yang lebih bervariasi atau bahkan agar mempunyai suara tajam dan lain-lain.


Kembali Ke Atas

______________________________________________________________________________________

Jenis Master Burung Murai Batu

Burung yang bisa kita jadikan master biasanya sering ada di sekitar kita.  Mulai dari burung gereja, pelatuk bawang, kenari, sriti dan lain-lain.  Suara jangkrik dan belalang kerek juga tak kalah favorit untuk menjadi master.  Karena suara jangkrik dan belalang ini dikenal akan membuat suara tembakan yang akan cukup terdengar jelas ketika lomba-lomba burung.

Jangkrik

Love Bird

Sumber Gambar : http://duniasatwa.dszoo.com/forums/showthread.php?p=73345

Untuk jangkrik, sebenarnya gampang jika kita ingin memaster burung murai kita dengannya.  Jika kita membeli jangkrik, kita bisa menyisakan beberapa ekor jantan yang bagus.  Atau biarkan saja di kandang bersama dengan jangkrik lainnya. Yang jelas, saat kita mau memilih jangkrik untuk di berikan ke burung, jangkrik tersebut jangan di ambil.  Lama-kelamaan jangkrik tersebut pasti akan `mangklar` dan bisa ngerik setiap hari.

Ketika lomba burung, tidak hanya satu atau dua burung saja yang berkicau. Tapi puluhan, semua hampir di pastikan berbunyi karena rata-rata yang ikut lomba ini adalah burung yang sudah jadi.  Maka suara master seperti jangkrik dan belalang dan lain-lain inilah yang terkenal bisa membuat suara ‘tonjolan’ di antara banyaknya murai batu tersebut.

Love Bird

burung cucak enggot

Sumber gambar: www.smartmastering.com

Suara yang membuat menonjol sebagai master lain adalah lovebird dan cililin.  Suara-suara jenis ini sangat tajam dan sangat bagus untuk tembakan murai batu.Di arena lomba, suara ini juga sangat dominan, seperti halnya suara burung cucak jenggot.

burung cucak enggot

Burung Gereja
Burung Gereja

Sumber Gambar: ndobos.com

Kembali Ke Atas

______________________________________________________________________________________

Memaster Burung Murai Batu Dengan Alat

______________________________________________________________________________________
Untuk praktisnya, selain menggunakan master burung asli  kita bisa memakai semacam alat selain burung yang hidup untuk memasternya.  Kelebihan dari alat ini adalah kepraktisannya seperti tanpa harus memerlukan pemeliharaan sebagaimana burung hidup biasanya.  Salah satu contohnya adalah ‘sounic master’.

sonic master murai batu medan
sonic master murai batu medan

Alat ini sudah terbukti bisa memaster suara-suara tembakan-tembakan seperti cililin, lovebird dan sebagainya tergantung variasi yang ada dalam sounic tersebut.  Kelebihan dengan menggunakan alat ini adalah kemudahannya di pakai selama 24 jam setiap hari non stop.  Tidak mengenal mabung atau sakit sebagaimana halnya burung master asli.  Dan juga, kita tidak memerlukan pakan dan merawat sebagaimana burung master.

Kembali Ke Atas

___________________________________________________________________________________

Waktu Memaster Burung Murai Batu

___________________________________________________________________________________

Terkadang, kita mungkin memang ingin hasil maksimal pada burung murai batu kita.  Dengan memaster selama 24 jam, seakan-akan pasti berhasil bisa masuk ke dalam burung yang ingin kita master.  Atau bahkan, memaster dengan beberapa burung master dengan jumlah yang banyak dengan harapan agar burung murai batu kita bisa menirukan semua suara-suara master tersebut.  Lalu, benarkah cara tersebut akan berhasil??

Sebenarnya jika kita sudah sering memelihara burung, terutama murai batu, kita bisa melihat bahwa pasti ada beberapa suara isian lain muncul pada murai batu kita yang sebenarnya tidak kita sengaja masukkan.  Entah itu suara asli dari murai batu tersebut atau mungkin suara-suara burung sekitar yang secara `tidak sengaja`  masuk seperti burung lain, ayam, suara mainan anak kita  dan lain sebagainya.

Yang jelas, suara-suara tersebut tidak berbunyi selama 24 jam dan bisa masuk juga.  Kemungkinan besar, tidak semua murai batu bisa menirukan semua burung yang ingin kita master tersebut jika memang terlalu banyak.  Kecuali hanya pas suara kecil atau ngriwik, biasanya memang semua suara bisa di tirukan. Tetapi jika pas ngeplong, tidak semua mau di keluarkan dengan suara keras.  Padahal yang kita butuhkan adalah suara master yang di mampu di tirukan dan di keluarkan saat murai batu bertemu dengan lawannya.  Jadi, proses memaster juga membutuhkan `keberuntungan` kita juga kan :)

Tetapi, menurut saya dari sekian  proses dan jenis burung master yang paling ideal adalah dengan menggunakan suara burung asli dengan cara mendekatkan burung master di burung murai batu sepanjang hari.  Kelemahan dari sistem ini adalah si burung master tidak bisa berbunyi selama 24 jam dan terkadang harus istirahat dikarenakan ngurak, sakit dan lain sebagainya.  Bagaimanapun juga, proses memaster burung dengan suara asli ini sudah terbukti bisa berhasil dan mampu di tirukan burung murai batu secara apik dan jernih tergantung suara bawaan murai batu kita.  

Kembali Ke Atas


Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2009 Shama Bird | Burung Murai Batu Medan |. All rights reserved.
Designed by Theme Junkie. Powered by WordPress.
free counters